Saturday, March 30, 2013

Musim buah atau musim pemilu ?



Ibarat buah durian, yang hanya berbuah pada musimnya. Tak jauh beda dengan partai politik yang hanya hadir ketika jelang pemilu .Berbagai macam kegiatan di selenggarakannya demi memancing partisipasi masyarakat seperti membangun sekolah, bagi-bagi sembako, mengajarkan bertani, kampanye di lokasi bencana , kampanye di hadapan media serta diberikan kesenangan dan kenikmatan sesaat, seperti baju kaos, uang, beras gratis, dan lain sebagainya . Berbagai macam slogan tertempel di spanduk , visi-misi yang sangat menarik. Lalu apakah dengan kegiatan seperti itu hati masyarakat akan luluh? Masyarakat akan terhipnotis ? masyarakat akan percaya dengan iming-iming mereka ? masyarakat akan terlena ?
Lihat saja kenyatannya saat ini, masyarakat telah jenuh akan janji-janji politik dan cari muka para calon kandidiat.,Hal ini terbukti dengan membuminya slogan-slogan “Ambil uangnya, jangan pilih orangnya”. Masyarakat telah cukup berpengalaman berhadapan dengan beberapa kali pesta demokrasi yang juga telah terbukti belum membawa perubahan yang mendasar terhadap tingkat kesejahteraan mereka., karena semakin kedepan, masyarakat semakin cerdas dan melek politik.
Belum lagi kasus korupsi, suap, , dan berbagai isu seputar partai politik lainnya yang menjadi bahan pembicaraan saat ini , bahkan bukan hanya sekedar isu, masyarakat dapat merasakannya sendiri. Ketika mahasiswa mendatangi partai politik untuk praktek lapangan pada mata kuliah tertentu , partai politik umumnya enggan ketika dimintai laporan keuangan, mereka memberikan dengan dalih pendanaan parpol bukan konsumsi publik, atau memberikan laporan yang tidak lengkap, bahkan ada parpol yang mengaku  tidak punya laporan keuangan. Padahal sudah jelas tertera pada Undang-Undang No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), setiap warga negara Indonesia memiliki hak untuk mengetahui proses kebijakan publik yang diambil oleh badan publik pemerintah dan jika tidak dipublikasikan,bukankah partai politik ini melanggar UUD yang berlaku?
Padahal transparansi sebuah partai politik sangat penting dalam mengembalikan kepercayan masyarakat sehingga PEMILU jadi lebih jujur, adil dan demokratis. Mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada parpol sejatinya melakukan penyadaran umum kepada masyarakat tentang ideologi yang benar serta cara mewujudkannya. Pertanyaannya adakah parpol yang demikian saat ini ?


1 comment:

  1. Micro Hair Trimmer (12) - TITanium Art
    This item medical grade titanium earrings is available mens black titanium wedding bands only at titanium blue ps4 controller TITanium Art Studio and is 100% legal. This is polished titanium a free and high quality item. Only the highest snow peak titanium flask quality.

    ReplyDelete